HAKEKAT PRESTASI BELAJAR

prestasi belajar
Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah penilaian pendidikan tentang kemajuan siswa dalam segala hal yang dipelajari di sekolah yang meyangkut pengetahuan atau keterampilan yang dinyatakan sesuadah hasil penilaian untuk mengukur prestasi belajar siswa diperlukan suatu alat evaluasi berupa tes.

Beberapa jenis perilaku atau hasil belajar yang telah dikembangkan oleh para tokoh pendidikan diantaranya Benyamin S.Bloom, Jerome S. Bruner, Robert M. Gagne.



Prestasi Belajar
Prestasi Belajar
Ranah kognitif yang dikembangkan Benyamin S. Blom, yaitu :

1. Ingatan diantaranya seperti : menyebutkan, menentukan, menunjukkan, mengingat kembali, mendefinisikan.

2. Pemahaman diantaranya seperti : membedakan, mengubah, memberi contoh, memperkirakan, mengambil kesimpulan.

3. Penerapan diantaranya seperti : menggunakan, menerapkan.

4. Analisis diantaranya seperti : membandingkan, mengklasifikasikan, mengkategorikan, menganalisis.

5. Sintesisi diantaranya seperti : menghubungkan, mengembangkan, mengorganisasikan, menyusun.

6. Evaluasi diantaranya seperti : menafsirkan, menilai, memutuskan.
Tahap kognitif yang dikembangkan Jerome S. Bruner, yaitu :

1. Penyajian Enaktif

Penyajian enaktif adalah penyajian yang dilakukan melalui tindakan, memiliki karakter manipulasi yang tinggi. Penyajian seperti ini sangat diperlukan oleh anak-anak yang mulai dapat memahami beberapa aspek realita/kejadian tanpa menggunakan imajinasinya atau kata-kata.

2. Penyajian Ikonik

Penyajian ikonik dilakukan melalui serangkaian gambar-gambar atau grafik yang menggambarkan suatu konsep tetapi tidak mendefinisikannya. Penyajian ini bergantung kepada visual organisasi sensorik anak.

3. Penyajian Simbolik

Penyajian simbolik ini dibuktikan oleh kemampuan seseorang untuk memikirkan proporsi dibandingkan objek, memberikan struktur hirarkis pada konsep-konsep dan untuk memikirkan alternatif yang mungkin dalam suatu cara kombinatunal.