JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN

media pembelajaran
media pembelajaran

Brown (dalam Sudrajat, 2008:1) mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran. Sehingga, seorang guru sebagai sumber belajar seharusnya menyediakan beraneka ragam benda sebagai media instruksional dalam setiap pembelajaran, termasuk pembelajaran Matematika siswa kelas IV yang rata-rata berumur 9-10 tahun karena dalam periode ini termasuk periode konkret. Dengan media konkret, siswa tidak berfikir abstrak lagi dan siswa dapat memahami konsep lebih cepat.

Menurut Nugraha (2008:3-4), media pembelajaran dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Media nonproyeksi; meliputi:

a. Model, yaitu benda nyata yang dimodifikasikan.

b. Bahan grafis, yaitu media visual nonproyeksi yang mudah digunakan karena tidak membutuhkan peralatan dan relatif murah.

2. Media yang diproyeksikan; meliputi:

a. OHT (overhead transparansi), yaitu media yang paling banyak digunakan karena hanya membutuhkan bahan transparansi dan alat tulis.

b. Slide, yaitu media visual yang penggunaannya diproyeksikan ke layar lebar.

3. Media audio, yaitu media yang fleksibel karena bentuknya yang mudah dibawa, praktis, dan relatif murah (misal tape compo, pengeras suara).

4. Media video. Media ini digunakan sebagai alat bantu mengajar pada berbagai bidang studi.

5. Media berbasis komputer. Media ini dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran yang sangat tinggi karena terjadi interaksi langsung antara siswa dengan materi pembelajaran.
Media Pembelajaran
Media Pembelajaran








Artikel terkait:
PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN